Cara Mempromosikan Usaha Katering Prasmanan Melalui Website
Usaha catering prasmanan telah menjadi salah satu bisnis yang cukup diminati oleh orang-orang. Dengan semakin banyak berdirinya jasa katering tersebut membuat persaingan menjadi semakin kompetitif. Sehingga supaya bisnis dapat terus bersaing, maka harus memanfaatkan segala sumber daya untuk mempromosikan usaha.
Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan internet melalui website. Penggunaan website untuk berpromosi dinilai memiliki banyak kelebihan. Misalkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, karena website merupakan kumpulan situs yang dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja selama terhubung dengan jaringan internet.
Dalam mempromosikan usaha katering prasmanan lewat website, sebenarnya ada berbagai macam metode dan strategi yang dapat digunakan. Berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan:
Menggunakan Teknik SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah cara yang digunakan untuk mengoptimalkan situs web agar masuk ke peringkat teratas di hasil pencarian pada mesin pencarian misalkan seperti google. Teknik SEO berfokus pada pencarian kata kunci secara organic.
Maksudnya adalah pencarian tersebut dilakukan oleh pengguna dengan memasukkan suatu kata kunci pada search engine google. Sehingga ketika website berada pada pada peringkat teratas, maka peluang kemungkinkan pengguna mengunjungi website tersebut akan semakin besar. Ketika jumlah pengunjung meningkat, maka bisnis katering akan semakin dikenal.
Dalam menerapkan teknik SEO ada dua jenis, yaitu SEO on page yang mengutamakan optimasi SEO pada bagian depan, misalkan seperti pada aspek permalink, judul konten, gambar konten, internal link dan lainnya. Jenis kedua adalah SEO off page, adalah upaya optimasi SEO di luar website, seperti link building, promosi, peningkatan DA dan PA, serta backlink.
Membuat Konten yang Bermanfaat dan Berkualitas
Cara selanjutnya adalah membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat sembari menerapkan teknik SEO. Salah satu hal penting yang dilakukan pada SEO adalah mencari kata kunci populer yang berhubungan dengan usaha katering. Dari kata kunci tersebut, maka dapat dibuat konten berupa artikel.
Konten artikel tersebut, selain berkualitas juga sebaiknya memberikan manfaat bagi pembaca. Konten tersebut dapat dibuat dengan menjawab mengenai seputar permasalahan yang sering dihadapi oleh pelanggan. Bisa juga tips yang berkaitan dengan usaha katering prasmanan.
Menerapkan Iklan Pay Per Click
Iklan Pay Per Click (PPC) adalah model iklan dimana pengiklan membayar biaya saat pengguna mengklik iklan mereka. Iklan ini biasanya muncul ketika pengguna sedang mencari barang atau jasa di mesin pencarian. Tujuan dari iklan PPC adalah mengarahkan pengguna ke situs pengiklan dan pada akhirnya melakukan pembelian produk atau jasa tersebut.
Banyak orang yang menggunakan iklan PPC karena dapat diukur dan dilacak, bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, serta berkontribusi mencapai tujuan pemasaran. Selain itu iklan PPC dapat memberikan hasil yang cepat dalam meningkatkan jumlah traffic website.
Optimalkan Performa Website
Selain menerapkan teknik SEO, membuat konten yang berkualitas, hal penting lainnya adalah mengoptimalkan performa website. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan user experience, sehingga pengunjung tidak segan untuk kembali ke website tersebut.
Performa website yang dapat ditingkatkan misalkan seperti kecepatan loading website, navigasi halaman yang mudah, tampilan website yang sederhana namun tetap menarik, serta website yang browser serta mobile friendly.
Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya yang dapat digunakan untuk mempromosikan usaha katering prasmanan melalui website. Dengan memanfaatkan website maka peluang untuk usaha katering prasmanan lebih dikenal oleh banyak orang akan semakin meningkat.
Comments
Post a Comment